Warga Desa Kemang Gelar Acara Sedekah Bumi Kramat Kiara

  • Bagikan
IMG_COM_20230805_0616_20_9851

Bogor|fwbbnews.com – Budaya merupakan pola hidup yang khas dari suatu kelompok masyarakat tertentu yang diwariskan secara turun-temurun sejak zaman dahulu kala. Unsur budaya itu sendiri dapat dilihat dari sisi agama, adat istiadat, seni, dan lain-lain.

Di sekitar Desa Kemang, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, masyarakatnya masih cukup banyak yang menganut atau mempercayai adat istiadat. Salah satunya yaitu, Sedekah Bumi/ Sedekah Hasil Bumi.

Isnan atau biasa disapa Isnan Cibuy selaku Panitia mengatakan,” Pertama saya ucapkan Terima kasih kepada rekan rekan ormas maupun media yang telah hadir pada acara Sedekah Bumi atau Haol Tahun di Kramat Kiara ini,”

“Acara ini dapat terlaksana berkat dukungan para warga masyarakat dan Pemerintah Desa Kemang yang masih peduli akan adat istiadat para leluhur diwilayah ini yang mana acara ini sudah menjadi rutinitas tiap tahunnya,” ujar Isnan. Jum’at (04/08/23)

Tari Jaipong dari Sanggar Langkung Seni Layung Sari dan Doa Bersama dalam Acara Sedekah Bumi Kramat Kiara Kemang,(Doc.Foto: Adr/fwbbnews/red)

Sementara itu, H. Entang Suhana Selaku Kepala Desa Kemang saat diwawancarai memaparkan,”Untuk acara Sedekah Hasil Bumi atau Haol Tahun Kramat Kiara itu memang sudah berjalan puluhan tahun, jadi acara ini dulunya sering dilaksanakan oleh para sesepuh setiap tahunnya di hari Jum’at minggu kedua di bulan Muharram,”.

Lanjutnya,”Menurut pengamatan saya yang namanya Sedekah Bumi itu adalah Bentuk wujud rasa syukur kita akan hasil bumi yang kita dapatkan seperti hasil panen yang bagus dan berlimpah, selain menunjukan hasil panen, dan pemotongan kambing kita juga menampilkan pentas seni tari adat sunda seperti Jaipong dari Langkung Seni Layung Sari, kalo dulu kan pementasan Seni Topeng yang identik dengan suara gamelan sunda, kalo sekarang mungkin sudah jarang dipentaskan,”

“Sebelum haol tahun juga kita adakan dzikir bersama untuk para leluhur sesepuh kita, harapan saya kedepannya semoga acara seperti sedekah bumi atau haol tahun ini selalu dapat kita laksanakan, karena dengan ini kita dapat melestarikan adat budaya para leluhur kita, dan agar para generasi generasi muda dapat mengetahui akan budaya adat leluhur kita,”Tutup Kades. (Adr)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *