Camat Nanggung Support Gebrakan Kades Parmun Tanam Padi Huma

  • Bagikan
IMG-20240601-WA0113

Bogor|fwbbnews.com – Camat Nanggung, Ae Saepuloh mendukung penuh gebrakan yang dilakukan Kepala Desa Parakanmuncang dalam merawat kelestarian budaya dengan menanam padi huma.

Ae menilai selain merawat budaya, penanaman padi huma bisa diintegrasikan dengan program ketahanan pangan dan menjawab soal pangan.

“Apalagi kegiatan di bidang pertanian mencoba menanam padi huma, Itu menjadi suatu jawaban. Sehingga menjadi terobosan, mudah-mudahan bisa menjalar, masyarakat bisa memanfaatkan lahan tani huma,” ucap dia kepada fwbbnews.com di kantor Kecamatan Nanggung, Jumat, (31/5/2024).

Menurutnya, konsistensi dalam menjalankan program tersebut diharapkan berkelanjutan.

“Ya sudah pasti, salah satu kekuatan ketahan pangan itu ya disitu,” ucapnya.

Diketahui, Pemerintah Desa Parakanmuncang, Kecamatan Nanggung belum lama ini panen perdana padi huma.

Kepala Desa Parakanmuncang, Mauludin menyebut sebuah gebrakan yang dilakukannya sebagai bentuk merawat kelestarian budaya.

“Selain keinginan kita dalam menjalankan program ketahanan pangan, kita juga menginginkan kelestarian budaya tetap terjaga,” ungkap Mauludin dihadapan perwakilan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata saat memberikan expose kegiatan panen padi huma di kantor desa, Selasa (28/5/2024).

Ia menjelaskan bahwa Parakanmuncang ini daerah yang sulit air. Bahkan, berkaca pada kejadian musim kemarau, banyak para petani yang tidak mengarap persawahan.

 

“Atas dasar itulah saya memiliki keinginan dan mencoba melakukan penanaman padi huma. Alhamdulillah masa percobaan di lahan kurang lebih 5 ribu meter persegi kita lakukan percobaan dan memiliki catatan-catatan penting untuk kedepannya,” jelas pria lulusan Universitas Pakuan Bogor ini.

Mauludin menambahkan, kegiatan penanaman padi huma ini didampingi oleh Kasepuhan Adat Kampung Urug. (Dery)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *